KORPS ALUMNI HMI

kahmitrenggalek

MEWUJUDKAN MISSION SECRE KA(HMI)



ahmad sanusi kahmi trenggalek




MEWUJUDKAN MISSION SECRE KA(HMI)

Hidup ini memang aneh, lucu, dan menertawakan bagi yang melihat (penonton). Ada orang yang pendiam, dikira bisu. Ada kelompok yang sering mengkritik, dikira sok agresif. Ada yang suka bersosial, berorganisasi, dikira pengangguran banyak acara. Susah memang hidup ini, tandas ketua Majelis Daerah Kahmi Trenggalek.

Namanya anak HMI, dia mempunyai semnagt juang tinggi, punya komitmen kebersamaan, punya darah juang NKRI, bahkan ketia Indonesia akan dikuasai Oleh PKI, HMI lah salah satu yang pasang badan ikut membela NKRI, meskipun harus merelakan diri akan di sisngkirkan. Itulah HMI. Tak dapat dipungkiri, dengan landasan inilah HMI telah banyak berperan dan memberikan sumbangan yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa Indonesia. Secara periodik, HMI telah melewati beberapa fase dan akan menghadapi fase-fase berikutnya dalam perjalanan sejarahnya. Beberapa fase penting yang telah dilewati, di antaranya adalah fase perjuangan fisik. Ini ditandai dengan terlibatnya para kader HMI dalam Angkatan Perang RI dalam menghadapi agresi Belanda, perlawanan terhadap PKI tahun 1948 dan G.30.S/PKI tahun 1965. Kemudian fase konsolidasi organisasi yang ditandai dengan tumbuhnya cabang-cabang di hampir seluruh wilayah Indonesia. Fase selanjutnya adakah fase menyatunya HMI dengan barisan Orde Baru. Bahkan lahirnya Korps Alumni HMI KAHMI pada 17 September 1966, di samping bertujuan meneruskan cita-cita HMI, adalah juga untuk memperkuat barisan Orde Baru. Melalui seluruh fase yang telah dialami dengan segala pahit getirnya itu, para aktivis HMI kini berhasil menempati berbagai posisi penting, baik di jalur birokrasi pemerintahan maupun di sektor-sektor sosial kemasyarakatan lainnya. Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah apakah sesudah ini HMI akan mengalami fase baru dan bagaimana cara HMI menghadapi fase baru itu? Inilah pertanyaan yang harus segera dijawab oleh HMI saat ini.

melihat sejarah panjang pergerakan HMI dalam perkembangan Indonesia, kini HMI dan lebih umumnya Korps (KAHMI), banyak rintangan dari internal dan eksternal dalam hal mewujudkan Mission secre HMI.

Mission secre KAHMI
Namanya alumni yang orang yang sudah final dan teruji di HMI. Namun kiranya, untuk perkembangn kahmi sendiri, personal yang mengaku alumni sedikit banyak kurang mengilhami arah juang pergerakan kahmi. Satu kata, alumni HMI tidak diajari untuk hidup dari Politik saja. Banyak sekali ruang perjuangan yang menunggu inovasi bagi para alumnus. Bidang kesehatan, membutuhkan dokter dan penggerak kesehatan yang mampu adil dalam masyarakat, menjadi opejuan klesehatan masyarakat. Dalam bidang ekonomi, membutuhkan personalia yang agresif dalam ekonomi kerakyatan, tanpa monopoli dan penguasaan asing. Dalam bidang budaya juga perlu orang yang getol dalam menjadi penengah , pengatur, dan penyearah budaya budaya yang sering berseliwera ditengah masyarakat yang sangat beda jauh dengan budaya Indonesia.

Nah, masyarakat sekarang menunggu gerak langkah anak, pemuda yang inovatif, tidak mimpi, pintar, dan mau serta berani menjadi obat di masyarakat. Tidak melulu menjadi dan berkarir di perpolitikan. Yah, boleh lah mengikuti perkembangan politik, namun dalam arena lain juga banyak arena juang yang masih luas.

Misi kehadiran Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), yang lahir di tengah-tengah revolusi tanggal 5 Februari 1947, tercermin dalam tujuan pendirian HMI itu sendiri, yaitu: mempertahankan Negara Republik Indonesia, mengembangkan syiar dan dakwak Islam, dan menciptakan insan akademis. Tujuan pendirian HMI ini kemudian kita kenal sebagai ciri khas HMI, yaitu orientasi pada keislaman, kebangsaan dan keintelektualan.


Dalam menjawab tantangan tersebut, tentu HMI harus terus menerus melakukan konsolidasi organisasi, meningkatkan kualitas dan kuantitas pengkaderan HMI dan concern terhadap peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) serta kualitas keimanan dan ketakwaan para anggotanya. Di samping itu, HMI juga harus mau menerima kritik dan saran dari berbagai pihak sebagai masukan, dan tetap merupakan sebuah gerakan kritis, dinamis dan konsisten dalam memperjuangkan tujuannya. Tentu saja kita berharap peranan HMI di masa kini dan masa depan semakin mantap.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEWUJUDKAN MISSION SECRE KA(HMI)"

Posting Komentar